Thursday, February 23, 2012

0 Otak Sistem Kontrol Sempurna

Saat kita membaca, berjalan, bermain dan berbicara serta mengerjakan semua aktivitas sehari - hari semuanya, di lakukan dengan baik dan sempurna dikarenakan karena di kontrol oleh sebuah mesin yang sangat sempurna yang dirancang oleh Sang Pencipta Alam semesta yaitu Allah,
Sistem kontrol ini tidak lain dan tidak bukan adalah OTAK, merupakan sistem pengontrol semua tubuh manusia mulai dia lahir sampai dia tutup usia.
Dan kali ini dihari Jum'at sebelum saya melaksanakan solat jum'at tanggal 24 bulan kedua di tahun 2012 ini pagi ini jam 11:13 WIB saya menulis dan membahas tentang sebuah pengontrol yang sangat hebat ini
Otak manusia adalah sebuah pusat pengatur yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri dari 100 juta sel saraf atau neutron. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.
Otak manusia bertanggung jawab atas semua semua pengaturan terhadap seluruh tubuh ato badan dan pemikiran manusia.
Otak terbungkus di dalam tengkorak kepala dan tempurung di dalam genangan cairan Serebospinal. Cairan ini memberi perlindungan ekstra dengan menyerap getaran. Otak berkomunikasi dengan bagian tubuh lainnya melalui saraf kranial dan sumsum tulang belakang.


Daerah Sensori

Otak terbagi atas beberapa daerah yang masing masing memiliki fungsi yang berbeda - beda satu sama lainnya dan memiliki fungsi khusus. Beberapa daerah dikenal dengan daerah sensorik, fungsinya menerima informasi dari organ sensori dan reseptor. Mereka terlibat dalam interpretasi sensasi. Bagian lain yang dikenal sebagai daerah motor, mengendalikan otot sadar.

Struktur

Ada 3 bagian otak yaitu, serebrum, serebelum, dan batang otak. Bagian terbesar, serebrum terbagi atas dua hemisfer. Serebelum, dibagian belakang otak, juga tersusun atas dua belahan yang terlipat. Batang otak dengan sumsum tulang belakang.

Bagian Otak Manusia

* Otak Besar
Otak besar adalah bagian depan yang paling menonjol dari otak depan. Otak besar terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan.

*Ganglia Dasar
Ganglia Dasar merupakan lapisan yang berwarna putih. Lapisan dalam banyak mengandung serabut syaraf, yaitu dendrit dan Neurit.

*Diensefalon
Diensefalon adalah bagian otak yang terdiri dari : mid-diencephalic territory, hipotalamus, epitalamus, dan pretektum.

*Otak Tengah
Otak tengah adalah bagian otak yang mempunyai struktur: tektum, dan cerebral penduncle

*Otak Belakang
Otak belakang meliputi jembatan Varol, sumsum lanjutan, dan otak kecil. Ketiga bagian ini membentuk batang otak.

*Otak Kecil
Otak kecil merupakan bagian terbesar otak belakang. Otak kecil ini terletak di bawa lobus oksipital serebrum. Otak kecil terdiri dari dua belahan dan permukannya berlekuk-lekuk. fungsi otak kecil adalah mengatur sikap ato posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Otak dan A Dorling  Kindersley Book,Dr Sarah Brewer

0 comments:

Post a Comment

 

Rahmat Blog Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates